PERENCANAAN
A. Pendahuluan
Perkembangan
teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki setiap dimensi aspek
kehidupan manusia. Teknologi informasi saat ini memainkan peran yang besar
didalam kegiatan bisnis, perubahan stuktur organisasi, dan manajemen
organisasi. Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan peranan yang
besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu
institusi akademik. Salah satunya internet. Internet adalah inti dari
komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer
yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang
dapat diakses. Banyak siswa-siswi SMA menggunakan internet untuk mencari
tugas-tugas mereka yang di berikan oleh guru. Karena terkadang guru mereka
memberikan tugas kepada mereka yang tidak terdapat di buku penyelesaiannya jadi
mau tidak mau mereka harus searching dari internet. Di internet apa yang tidak ada
di buku pasti ada di internet. Jadi, siswa-siswi pun suka menggunakan internet
karena untuk memudahkan dalam penyelesaian tugas mereka.
B. Landasan
Teori
TIK
adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik
pengelolaan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi serta
penggunaannya, komputer dan hubungan mesin (komputer) dan manusia, dan hal yang
berkaitan dengan sosial, ekonomi dan kebudayaan [British Advisory Council
for applied Research and Development: Report on Information Technology; H.M.
Stationery Office, 1980). Definisi lain tentang TIK yaitu semua bentuk
teknologi yang terlibat dalam pengumpulan, memanipulasi, komunikasi, presentasi
dan menggunakan data (data yang ditransformasi menjadi informasi) [E.W. Martin
et al. 1994. Managing Information Technology: What Managers Need to Know. New
York :Prentice Hall].
Arti
Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan seharusnya berarti tersedianya
saluran atau sarana yang dapat diapakai untuk menyiarkan program pendidikan.
Salah satu bagian TIK itu adalah internet. Internet dapat menjadi alat penting
untuk membantu murid belajar (Bissell dkk, 2002; Roblyer & Edwards, 2000).
Akan tetapi, internet mengandung beberapa kelemahan (Gackenbach & Ellerman,
1999) karena untuk menggunakannya secara efektif maka sofwarenya harus di
install terlebih dahulu dan adanya kekhawatiran murid-murid untuk
menyalahgunakan internet. Tetapi apabila digunakan secara efektif maka internet
dapat menambahkan pengetahuan kita. INTERNET (Internasional Network) Berasal
dari kata Inter Conection Network yaitu Jaringan Komputer yang terhubung secara
luas dan pesat dan mendunia.Tujuannya untuk berbagi sumber daya yang dinamis
dan berbagi informasi kepada dunia. Sejarah internet dimulai dari tahun 1969
yang memulainya Departemen Pertahan Amerika. Nama Departemen nya Darpa yang
mengadakan riset “Bagaimana caranya menghubungkan Dua buah Komputer”nama
risetnya “Darpa net”
Tahun 1970 mereka berhasil menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan.
Tahun 1972 “Roy Tomminson” orang yang membuat email.
Tahun 1982 diciptakan TCP/IP Untuk mengenalkan alamat di jaringan komputer yang ada.
Tahun 1984 dibuatlah DNS (Domain Name System)
Tahun 1988 Chatting telah dibuat yang bernama IRC (Internet Relay Chat).
Tahun 1990 Teknologi WWW “World Wide Web” yaitu program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lain.
Tahun 1992 muncul istilah “Surfing the internet”
Tahun 1994 mulai dikenal nama – nama situs kurang lebih 3.000 halaman web.
Peralatan untuk membangun Internet
1.harusadaBrowser(PerangkatLunak)
Contoh Browser : Internet Explorer, Mozila Firefox
2. Modem (Perangkat Keras) singkatan dari Modulator demodulator
Modem adalah alat komunikasi dua arah.
Jenis-jenis Modem dibagi 3 yaitu :
- Modem Dial Up ada 2 macam yaitu Modem Internet dan Modem Exsternal.
- Modem Kabel
- Modem ADSL fungsinya untuk sinyal telepon sebagai suara dan data
3. Saluran Telepon
Perangkat Keras Pendukung Akses Internet
1. Switch / Hub
2. Repeater
3. Bridge (Penghubung)
4. Router
Jasa Akses Internet atau ISP (Internet Servis Propaider)
Contohnya : Telkom, Indosat, Suasantara.com
Perangkat Penghubung Internet :
1. Kabel UTP
2. Conector RJ45 diciptakan tahun 1945
3. Lan card
4. Wi-Fi
Pengertian Website atau Situs adalah halaman untuk menampilkan suatu informasi berupa gambar, suara yang saling berhubungan oleh link-link (Penghubung.
Unsur-unsur membangun sebuah Website :
1. Skrip (Bahasa Program) : bahasa pemprograman untuk internet adalah HTML.
2. Mendesain Web utuk menentukan kualitas dan keindahan situs.
3. Domain Name yaitu alamat situs yang digunakan.
4. Hosting adalah ruangan hardisk tempat menyimpan berbagai data, file, gambar, video dll.
Biasanya disewakan.
5. Di Publikasi .
Nama – nama Domain :
1. .com : layanan situs yang bersifat komersil
2. .eEdu : Layanan Pendidikan International.
3. .Gov : Layanan untuk pemerintahan.
4. .mil : Layanan kebutuhan angkatan bersenjata atau militer
5. .org : Layanan Kebutuhan Organisasi
6. .Net : Layanan Kebutuhan Jaringan Komputer
7. . Biz : Layanan kebutuhan dunia bisnis
Browser
Cara Kerja Browser :
1. Browser mengambil informasi melalui jaringan internet pada serverlife.
2. Server memberi respon dengan memberikan informasi yang diminta.
3. Browser menampilkan informasi menggunakan fasilitas yang berupa kode-kode HTML.
C. Tujuan
- Untuk mengetahui seberapa besar peran internet sebagai wadah pembelajaran siswa-siswi SMA
- Untuk mengetahui dampak negatif dan positif sebagai media belajar pada siswa-siswi SMA.
D. Alat dan Bahan
- Laptop Reward
- Kamera Alat tulis
- Angket kue
E. Analisis
Data
Data
didapat dengan memberikan angket terhadap subjek dan terdiri dari 10
pertanyaan. Data ini diperoleh berdasarkan jawaban siswa yang paling dominan
dan kemudian ditarik kesimpulan.
F. Objek atau
Subjek
Lokasi penelitian di SMA NEGERI 11 Medan.
Populasi dari penelitian adalah siswa-siswi kelas XI IA 3 SMA NEGERI 11 MEDAN
yang terdiri dari 38 siswa-siswi.
G. Jadwal Pelaksanaan
Bulan
Kegiatan
|
Maret
|
April
|
Mei
|
juni
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Pemilihan topik
|
||||||||||||||||
Menentukan Judul
|
||||||||||||||||
Membuat Pendahuluan
|
||||||||||||||||
Menentukan Landasan Teori
|
||||||||||||||||
Membuat konsep penelitian
|
||||||||||||||||
Izin Ke Sekolah
|
||||||||||||||||
Meminta surat izin dari fakultas psikologi
|
||||||||||||||||
Mengantar surat ke sekolah
|
||||||||||||||||
Penelitian
|
||||||||||||||||
Menganalisis data & menarik Kesimpulan
|
||||||||||||||||
Mengevaluasi Kegiatan
|
||||||||||||||||
Membuat Poster
|
||||||||||||||||
Posting di Blog
|
Keterangan
:
- Pemilihan topik : 13 Maret 2012
- Menentukan Judul : 20 April 2012
- Membuat Pendahuluan : 27 April 2012
- Menentukan Landasan Teori : 27 April 2012
- Membuat konsep penelitian : 28 April 2012
- Izin Ke Sekolah : 1 Mei 2012
- Meminta surat izin dari fakultas psikologi : 1 Mei 2012
- Mengantar surat ke sekolah : 9 Mei 2012
- Penelitian : 10 Mei 2012
- Menganalisis data & menarik Kesimpulan : 4 Juni 2012
- Mengevaluasi Kegiatan : 4 Juni 2012
- Membuat Poster : 4 Juni 2012
- Posting di Blog : 5 Juni 2012
H. Kalkulasi Biaya
Barang
yang dibeli
|
Harga
|
Fotocopy
kuesioner (Rangkap 38)
|
Rp 3.000
|
Beli
reward (3 kotak)
|
Rp
60.000
|
Beli
kue
|
Rp
20.000
|
Poster
|
Rp
7.000
|
Jumlah
Biaya
per orang
|
Rp
90.000
Rp
30.000
|
PELAKSANAAN
Penelitian
dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2012. Pertama kali yang kami laksanakan adalah
meminjam almamater terlebih dahulu kepada senior, demi kelangsungan status kami
dalam pengambilan sampel, setelah kami meminjam almamater kepada senior, lalu
kami membeli kue, kami singgah ke sebuah toko roti pada pukul 08.30 Wib, dengan
semangat yang tinggi dan hati yang dag dig dug, kami bertiga naik angkutan umum
untuk menuju lokasi tersebut, wah ternyata sangat jauh sekali SMA yang kami
kunjungi yaitu SMA NEGERI 11 MEDAN,sungguh peristiwa yang sangat menarik karena
sebelumnya kami tidak pernah terjun kelapangan seperti hal ini, sekitar pukul 10.30
Wib kami tiba di SMA NEGERI 11 MEDAN, disana kami disambut baik oleh staff
pengajarnya, ketika kami tiba disana ternyata siswa-siswinya sedang
bermain/istirahat, akhirnya pun kami memutuskan untuk istirahat sejenak juga.
Ketika
pukul 12.00 Wib istirahat di usaikan, dan disitulah kesempatan kami untuk
melakukan penelitian tersebut, kami memasuki ruangan dimana siswa-siswinya
sedang mengikuti mata pelajaran Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK),
ternyata 1 kelas tersebut dibagi 2 ada yang sedang melakukan praktikum komputer
dan ada yang sedang mengerjakan tugas untuk menunggu gilirannya.
Tiba
lah kami membagi angket kami tersebut, ternyata sangat enak sekali, kami
disambut hangat oleh siswa-siswi tersebut, saat mereka mengisi angket, mereka
ternyata juga aktifnya dengan menanyakin kak enak di USU kak? Malah ada yang
minta alamat FB lagi, huuu kami senang, meskipun begitu mereka sangat bagus kok
mengisi angketnya.
Ketika
mereka mengisi angket, kami tidak lupa juga untuk mengambil dokumenya tersebut,
seperti mengambil foto mereka saat mengisi angket. Dan ketika mereka mengisi
angket dengan senang hatinya kami dan mereka berfoto bareng, wahh inikah yang
dinamakan penelitian sangat-sangat seru.
Dan
setelah penelitian selesai kami juga mendiskusikan tentang angket yang diisi
oleh mereka, yang artinya kami mengambil kesimpulan mengenai peran teknologi
bagi mereka sendiri.
PELAPORAN & EVALUASI
A. Laporan
Data diambil dari 38 siswa-siswi SMA Negeri 11 Medan. Mereka berpendapat bahwa
internet memiliki kelemahan dan keunggulan dalam perannya sebagai media
belajar. Kelemahannya internet adalah mereka bisa mengakses website-website
yang tidak pantas bagi mereka, website yang bisa merusak moral mereka.
Keunggulannya yaitu internet bisa membantu mereka dalam membuka website-website
pelajaran, dapat membantu mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka dan
dapat menambah wawasan mereka. Menurut mereka peran internet sangat besar
sebagai media belajar mereka dimana itu dapat membantu mereka dalam mempelajari
pelajaran sekolah karena dengan adanya internet mereka bisa mempelajari kembali
pelajaran sekolah mereka yang belum mereka mengerti pada saat guru mereka
menjelaskan selain itu internet pun sangat membantu mereka dalam menyelesaikan
tugas-tugas mereka yang terkadang jawabannya itu tidak terdapat dalam buku.
Tetapi walaupun internet sangat disukai oleh-oleh para siswa-siswi SMA,
kebanyakan dari mereka lebih senang membaca dari buku ketimbang dari internet
dikarenakan kalau dari internet dapat merusak mata mereka akibat dari radiasi
komputer tersebut.
Para siswa-siswi SMA membuka internet untuk belajar pelajaran sekolah
tergantung pada si guru seberapa sering memberi tugas kepada mereka melalui
internet. Karena sebagian besar para siswa-siswi SMA membuka internet untuk
belajar pelajaran sekolah itu dikarenakan adanya tugas yang diberikan kepada
mereka yang mengharuskan mereka membuka internet. Adapun situs-situs pelajaran
yang sering dibuka para siswa-siswi SMA yaitu :
- http://Biologi.Heml.co.id pelajaran Biologi
- Pesonaedu.com pelajaran matematika dan sains
- www.ilmukomputer.com pelajaran TIK
- www.jaringanhewandantumbuhan.com pelajaran biologi
Para
siswa-siswi SMA bisa menghabiskan waktu mereka untuk internetan hingga 1 s/d 5
jam mereka. Disitu mereka bermain game, mencari tugas mereka dan lain-lain.
Tetapi sebagian besar para siswa-siswi SMA belum pernah mengikuti tes kemampuan
melalui internet. Dikarenakan mereka tidak mengetahui nama websitenya apa. Para
siswa-siswi SMA pun berpendapat bahwa internet memiliki dampak positif dan
dampak negatif terhadap mereka. Dampak positifnya yaitu mempermudahkan mereka
dalam mengerjakan tugas sekolah, mereka bisa menambah wawasan mereka tentang
pelajaran maupun tentang teknologi itu sendiri. Dan dampak negatifnya menurut
mereka adalah bisa dengan mudah mengakses website-website yang tidak
sepantasnya.
Desain Poster
B. Evaluasi
Dalam
menyelesaikan tugas proyek mini ini, kami tidak menemukan kendala yang begitu
berarti. Namun ada beberapa hal yang membuat pengerjaan tugas proyek mini ini
sedikit lama seperti membuat poster yang kami akui kami sangat sangat tidak
ahlinya dan waktu yang banyak kami buang serta adanya waktu yang terbentur
antar anggota kelompok.
Meskipun
ada beberapa kendala yang kami hadapi, secara keseluruhan kami merasa puas dengan
hasil kerja kami ini. Bagian demi bagian kami kerjakan secara bertahap dengan
bersama-sama sehingga tugas ini tidak terasa begitu berat. Penelitian ini
sendiri dapat berjalan lancar meskipun ada bagian-bagian yang masih terlihat
kurang.
C. Testimoni
1. Testimoni
Kelompok :
Menurut
kelompok, proyek mini adalah tugas yang dapat menambah wawasan kami, memperkuat
mental kami sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi, dimana kami harus menghadapi
murid-murid yang berbeda-beda tingkah lakunya. Dengan proyek mini ini kami
sangat merasakan bahwa ini lah kegiatan mahasiswa yang sesungguhnya.
2. Testimoni
Anggota :
- Rika Damayanti (11-018)
Menurut
saya mengenai proyek mini itu sendiri yaitu saya merasakan bahwa saya mengalami
perubahan diri seperti banyaknya pengalaman dimana saya tidak pernah terjun ke
lapangan seperti kegiatan proyek mini ini sendiri.
- Siti Rizki Kartika (11-032)
Menurut
saya proyek mini ini menambah pengalaman baru saya dan menambah wawasan saya
karena dengan proyek mini saya bisa belajar menghadapi orang banyak dan melatih
kesabaran.
- Gita Yufika (11-038)
Menurut saya, kelompok kami sudah berusaha
mengupayakan yang terbaik meskipun mungkin masih jauh dari sempurna,. Saya
merasa proyek ini pengalaman yang sangat berguna bagi kami nantinya dalam
menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah untuk kedepan nantinya. Saya merasa kami
tidak menemukan kesulitan yang berarti, karena semuanya alhamdulillah berjalan
sesuai dengan perencanaan mulai dari meminta surat izin hingga pelaksanaan
demikian juga denga partisipannya yang menunjukkan antusiasme yg tinggi dengan
penelitian ini.
Daftar Pustaka:
Dokumen
Sekian blog dari saya, semoga blog ini
dapat digunakan sebagai bahan referensi anda dan dapat bermanfaat sebaik
mungkin.
Saya mengucapkan terima kasih khususnya
kepada:
- Teman Sekelompok Mini Proyek.
- Dosen Pengampu yaitu Ibu Filia Dina Anggaraeni.
- SMA NEGERI 11 MEDAN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar