Selasa, 05 Juni 2012

Laporan Hasil Survey Penggunaan Blog pada Mahasiswa yang Mengambil Mata Kuliah Psikologi Pendidikan


            Penelitian mengenai penggunaan blog pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Psikologi Pendidikan ini dilakukan dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan , dimana bentuk dari penelitian ini adalah kuisioner online yang terdiri dari 7 pernyataan. Pernyataan ini terdiri dari dua pilihan jawaban “setuju” dan “tidak setuju”. 
           Pernyataan-pernyataan yang ada dalam kuisioner ini akan memeberikan gambaran bagaimana pandangan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini dengan adanya blog sebagai media wajib yang harus dimiliki. Saya tertarik mengambil judul ini karena saya ingin mengetahui sejauh mana mahasiswa yang mengambil mata kuliah Psikologi Pendidikan mendukung penggunaan blog sebagai media utama pada mata kuliah ini.


saya menyukai blog
 Agree  53 

 88.33% 
 Disagree  7 

 11.67% 


saya merasa lebih kreatif dengan adanya blog
 Agree  46 

 77.97% 
 Disagree  13 

 22.03% 


saya jadi lebih menyukai mata kuliah psikologi pendidikan dengan adanya blog
 Agree  32 

 54.24% 
 Disagree  27 

 45.76% 

saya merasa blog itu merepotkan
 Agree  20 

 33.90% 
 Disagree  39 

 66.10% 


saya terpaksa membuat blog demi mata kuliah pendidikan
 Agree  24 

 40.68% 
 Disagree  35 

 59.32% 

saya tidak bisa mengoperasikan blog dengan baik
 Agree  21 

 35.59% 
 Disagree  38 

 64.41% 

saya cenderung malas untuk mengepost tugas di blog
 Agree  28 

 46.67% 
 Disagree  32 

 53.33%
Dari data di atas, dimana saya dapatkan dari 59 responden dapat disimpulkan bahwa:


  • ·        Sebagian besar mahasiswa menyukai blog. Ini terlihat dengan persentase 88,33 %. Angka ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan memiliki antusiasme yang besar terhadap blog.
  • ·        Mahasiswa juga merasa lebih kreatif dengan adanya blog. ini ditunjukkan dengan perolehan persentase 77,97 %. Namun ada sedikit kendala yang dialami mahasiswa yaitu kurangnya kemampuan mengoperasikan blog dengan baik, sehingga mereka sulit mengeksplor kreatifitas mereka. Ini tampak dengan kemunculan persentase 35,59 %.
  • ·        Sebagian mahasiswa juga lebih menyukai mata kuliah Psikologi Pendidikan dengan adanya blog, ini terlihat dengan perolehan persentase sebesar 54,24 %. Namun ada beberapa mahsiswa yang merasa terpaksa dan direpotkan dengan blog ini, ini terlihat dengan persentase 40,68 % dan 33,90%. Sebagian mahasiswa juga cenderung malas untuk mengepost tugas di blog, terlihat oleh kemunculan persentase sebasar 46,55 %.
·        Secara keseluruhan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Psikologi Pendidikan terlihat antusias dan mendukung penggunaan blog, meskipun ada sebagian pihak yang merasakan hal sebaliknya.
Saya selaku peneliti berharap semoga penggunaan blog dapat dimaksimalkan lagi kedepannya dan memberikan manfaat bagi kita bersama.

Testimonial

Penelitian dengan metode survey online ini merupakan pengalaman baru yang pastinya akan sangat berguna bagi saya untuk kedepannya. Pertamanya, saya cukup dibuat kebingungan, karena saya tidak hadir saat perkuliahan mengenai pembuatan survey ini, tapi alhamdulillah setelah belajar dari teman yang lain, akhirnya saya mampu menyelesaikan survey kecil ini.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar