Psikologi Pendidikan itu apa sih,...???
Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tingkah
laku tentang proses belajar dan mengajar dalam lingkungan pendidikan.
Tokoh- tokoh yang mempolopori psikologi pendidikan ini
diantaranya:

Berpendapat bahwa pentingnya mempelajari
proses belajar dan mengajar di kelas guna meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu
rekomendasinya adalah mulai mengajar pada titik yang sedikit lebih tinggi di
atas tingkst pengetahuan dan pemahaman anak untuk mempwrluas cakrawala
pemikiran anak.

John Dewey merupakan orang pertama yang
membangun laboratorium psikologi pendidikan di AS, di Universitas Chicago tahun
1894. Prinsip John Dewey:
1.
Anak harus menjadi pembelajar yang aktif.
2.
Anak harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.
3.
Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang
layak.

Berpendapat bahwa tugas pendidikan di
sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak.
Cara mengajar yang efektif

Guru harus menguasai materi pelajaran dan
keahlian mengajar yang baik meskipun murid-murid berasal dari latar belakang
yang berbeda

Seorang guru harus berpengetahuan,
fleksibel, dan memahami materi. Misalnya bagaimana mengaitkan satu gagasan dari
suatu disiplin ilmu ke disiplin ilmu yang lainnya.

Berdasarkan prinsip William james dan John
Dewey, strategi pengajaran yang baik adalah konstruktivisme,dimana prinsip ini
menekankan agar individu membangun pengetahuan dan penalaran. Untuk itu guru
yang baik adalah guru yang mampu mendorong anak untuk mengeksplorasi dunia
mereka, menemukan pengetahuan,dan berfikir kritis.

Seorang guru harus menentukan tujuan dan
menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu.

Guru harus mampu menjaga kelas tetap aktif
dan kondusif.

Guru diharapkan mempunyai strategi yang baik
dalam memotivasi murid-muridnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar