Jumat, 09 Maret 2012

Sekilas tentang Psikologi Pendidikan


Psikologi Pendidikan itu apa sih,...???
Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku tentang proses belajar dan mengajar dalam lingkungan pendidikan.
Tokoh- tokoh yang mempolopori psikologi pendidikan ini diantaranya:
*      William James (1842-1910)
Berpendapat bahwa pentingnya mempelajari proses belajar dan mengajar di kelas guna meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu rekomendasinya adalah mulai mengajar pada titik yang sedikit lebih tinggi di atas tingkst pengetahuan dan pemahaman anak untuk mempwrluas cakrawala pemikiran anak.

*      John Dewey (1859-1952)
John Dewey merupakan orang pertama yang membangun laboratorium psikologi pendidikan di AS, di Universitas Chicago tahun 1894. Prinsip John Dewey:
1.       Anak harus menjadi pembelajar yang aktif.
2.       Anak harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.
3.       Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

*      E.L Thorndike (1874-1949)
Berpendapat bahwa tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak.

Cara mengajar yang efektif

*      Pengetahuan dan keahlian profesional
Guru harus menguasai materi pelajaran dan keahlian mengajar yang baik meskipun murid-murid berasal dari latar belakang yang berbeda

*      Penguasaan materi pelajaran
Seorang guru harus berpengetahuan, fleksibel, dan memahami materi. Misalnya bagaimana mengaitkan satu gagasan dari suatu disiplin ilmu ke disiplin ilmu yang lainnya.

*      Strategi pengajaran
Berdasarkan prinsip William james dan John Dewey, strategi pengajaran yang baik adalah konstruktivisme,dimana prinsip ini menekankan agar individu membangun pengetahuan dan penalaran. Untuk itu guru yang baik adalah guru yang mampu mendorong anak untuk mengeksplorasi dunia mereka, menemukan pengetahuan,dan berfikir kritis.

*      Penetapan tujuan dan keahlian instruksional
Seorang guru harus menentukan tujuan dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu.

*      Keahlian manajemen kelas
Guru harus mampu menjaga kelas tetap aktif dan kondusif.

*      Keahlian motivasional
Guru diharapkan mempunyai strategi yang baik dalam memotivasi murid-muridnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar