Sabtu, 12 Mei 2012

PENGALAMAN MEMAKAI BLENDED LEARNING

 
pertama kali saya mendengar atau mengetahui blended learning itu adalah ketika bu dina mempost ke grup, dan pada waktu itu meskipun saya belum tahu apa itu blended learning, hati saya belum tergerak untuk mencari tahu apa itu blended learning. kemudian saya terus membaca intruksi-intruksi dari bu dina selanjutnya yaitu bahwasannya saya dengan kelompok saya mesti mencoba berdiskusi melalui g -talk, serta mengirim verbatimnya dan lagi-lagi saya dibuat bingung, setelah sekian lama saya pelajari,dari tanya sana tanya sini akhirnya saya mengerti menggunakan g talk,.hehehe,..
keesokan harinya saya mengikuti mata kuliah pendidikan dan diwajibkan untuk membawa laptop untuk diskusi online melalui g-talk seperti yang sudah diinstruksikan bu dina sebelumnya. saat itu saya merasa saya sudah tidak punya kendala lagi memaki g-talk karena saya sudah mengerti bagaimana menggunakan g-talk itu sendiri. setelah itu bu dina menyuruh kami untuk mendiskusikan blended learning secara berkelompok melalui g-talk. kemudian saya mencari berbagai referensi dari internet mengenai blended learning dan saat itu pula lah saya sadar bahwa metode perkuliahan yang dilakukan pada saat itu adalah blended learning. awalnya diskusi berjalan mulus, namun apa daya koneksi internet saya tiba-tiba bermasalah, setelah mencoba berkali-kali tetap saja tidak bisa, dan sejak itu saya mulai kesal, panik, cemas karena kalo koneksinya tetap begitu terus saya tidak akan dapat menyelesaikan diskusi saya dan tidak dapat mengirim verbatim pada bu dina, akhirnya kami pun pasrah dengan diskusi yang asal-asalan dan gak jelas, untungnya bu dina memeberikan kami tengganggang waktu sehingga kami dapat mengulang diskusi kami kembali,..
sejauh ini sya merasa blended learning adalah metode yang sangat baik bila aspek-aspek penunjang yang mendukungnya terpenuhi, contohnya seperti koneksi yang baik, apabila itu tak terpenuhi bisa saja itu menjadi metode yang sangat buruk dan jauh dari efektivitas yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar